Mie ABC cup versus POP Mie

Ngomongin makanan, buatku gak akan pernah ada habisnya! Mungkin ini karena aku bershio babi menurut perhitungan kalender China, dan katanya orang bershio babi pasti suka makan, sesuai dengan babi yang endut? Hahaha..gak tauk deh, itu cuma katanya, lho!

Menu mie sebagai makanan pengganti nasi untuk orang Indonesia merupakan makanan yang gak asing. Kadang malah kita menjadikan mie sebagai teman makan nasi, dijadiin lauknya. Padahal secara ilmu kesehatan karbo ketemu karbo kurang bagus buat kesehatan karena penumpukan karbo yang berlebihan dan tidak terbakar akan menjadi lemak dalam tubuh. Yahhh..yang penting enak sih, mau mie aja atau ditambah nasi gak masalah!

Mie yang bakal aku omongin kali ini perbandingan antara Mie ABC Cup ‘melawan” Pop Mie. Kedua merek tersebut berasal dari perusahaan yang berbeda. Ide membuat tulisan mengenai kedua merek mie instan dalam mangkok plastik ini muncul setelah dua hari ini aku makan mie instan cup sebagai menu makan siang. Alasannya supaya praktis dan hemat! Hehe.. :P

Sebagai orang asia yang doyan makan mie instan aku dulu sangat setia terhadap Pop Mie namun sejalan dengan kata hati yang selalu ingin mencoba makanan baru, selama masih halal pasti hasrat mencobapun muncul. Salah satunya ingin mencoba produk dari ABC President sebagai produsen Mie ABC Cup (MAC).

Menurutku, sih, iklan MAC gak segencar POP Mie yang ngeluarin tampilan baru pada produk-produknya malah ada hadiahnya segala bila kita beruntung, yang bisa dilihat dari kemasan bumbu yang ada didalamnya.

MAC sendiri aku lihat hanya beberapa kali pasang iklan di televisi. Aku sendiri ingin mencoba MAC lantaran liat di rak supermarket ketika belanja bulanan di supermarket. Aku dan adikku biasanya bertugas membeli kebutuhan bulanan, berhubung uangnya dari kantong kita sendiri maka setelah semua kebutuhan bulanan ada di troley¬† maka giliran kita berdua yang bebas ingin beli apa, banyaknya sih, makanan! hehe… Soal makanan, aku ama adikku kompak.

Yuk, ah langsung bahas, basa basi busuknya cukup sekian.

Pertama MAC, kemasannya kayak gini nih,

Kemasannya menggunakan plastik untuk yang mie kuahnya sedangkan yang mie gorengnya pake styrofoam. Padahal kenapa gak semuanya pake plastik ya? Lebih tahan lama plastik daripada styrofoam walaupun dari segi kesehatan sama-sama berbahaya karena keduanya bila dipakai untuk makanan panas maka zat kimia yang terdapat dalam plastik/styrofoam bisa ikut larut dalam makanan yang kalau dikonsumsi terus menerus bisa menyebabkan penyakit. Setau aku sih gitu (search di Google lalu baca artikel Keamanan Pangan Kemasan Plastik dan Styrofoam) tapi atas nama kepraktisan, so..sedikit bahaya, mungkin, gak apa-apa,he!

MAC hanya memproduksi satu jenis ukuran, yaitu berisi 60 Gram (kuah), 80 Gram (goreng). Rasanya ada Kari Ayam, Ayam Bawang, Seafood, Gulai Ayam Pedas, Semur Ayam Pedas & Sop Tomat Pedas. Kalau yang goreng hanya ada dua rasa, rasa spesial dan ayam pedas limau.

Nah, kalu POP Mie semua kemasannya, baik mie kuah maupun gorengnya menggunakan kemasan styrofoam. Rasanya ada Ayam Spesial, Baso Spesial, Ayam Bawang, Ayam, Soto Ayam, Baso, Kari Ayam (si Ayam di panggil berkali-kali di POP Mie, ngetop banget nih!Hehe..). Mie gorengnya hanya ada dua rasa, goreng spesial & goreng pedas. Isinya 56 gram untuk yang kuah, yang gorengya gak tahu karena sumbernya susah agak susah dicari. Terus ada kemasan Mini. Cocok buat kita yang lagi diet. Waktu masih dikantor yang lama POP Mie mini sering jadi menu makan siang pas lagi gak punya duit!

Saatnya membandingkan rasanya, beberapa tahun yang lalu rasa POP Mie masih enak, bumbunya masih terasa, terutama yang rasa Baso Spesial. Menurutku rasa inilah yang paling enak! Terenak kedua yaitu Rasa Soto Ayam. Namun sekarang, kok bumbunya kurang terasa serta Mie-nya menurutku terlampau banyak, jadi bikin bosen.

Rasa MAC lebih terasa, entah karena masih baru karena mereka meluncurkan kemasan baru atau akan begitu selamanya. Mudah-mudahan sih kayak gitu. Kadang banyak produsen yang udah barangnya laku tapi kualitasnya suka berkurang. Aromanya lebih harum dibandingkan POP Mie, apalagi yang punya aroma kuat seperti rasa semur serta gulai. Mie gorengnya juga enak!

Kesimpulannya saya lebih memilih MAC dibandingkan POP Mie walaupun POP Mie lebih unggul di varian rasa serta kemasan yang lebih atraktif yang dikhususkan untuk anak muda. Dari segi harga gak jauh beda, lebih mahal MAC beberapa perak, lah. Mungkin karena kemasan yang menggunakan plastik yang lebih tahan lama dibandingkan styrofoam. Kalau kamu?

4 thoughts on “Mie ABC cup versus POP Mie

  1. enakan indomi rebus rasa soto betawi, mikocok bandung, empal gentong,pokoknya yang edisi nusantara itu. mie kritingnya juga enak

  2. Mie ABC. Rasanya gk seasin indomie dan wadahnya lebih aman digenggam saat penyeduhan sama warna airnya saat penyeduhan terutama kalau direbus, warna air rebusan indomie lebih keruh dibanding ABC serta jika terlalu lama dimasak atau diseduh indomie cepat mekar. Kalau Mie ABC tidak terlalu mengembang, justru waktu memasaknya lebih lama dibanding indomie.
    Paling enak rasa mi goreng pedas limau & seafood. Untuk rebusannya paling enak yang rasa semur.

  3. Kalo mau hemat lagi mie yg pake bungkus aja, mie rebus,, harganya dibawah dari mie cup, tapi ya itu tadi,, sering ada kesalahan penyajian, mie rebus malah diseduh, alasannya biar praktis, nah mie cup ini khusus mie rebus. ada lagi mie cup yg lebih ekonomis dan sehat, namanya Mie Gelas. bedanya cuma ga pake wadah aja, harus pake gelas sendiri, lebih aman karna kalo gelas sendiri mah kalo ga kaca ya stainles steel.

    Ralat nih,,, stayrofoam yg digunakan di mie cup udh memenuhi standard, jadi ga bahaya, walau kena panas zat-zat nya ga bakal nyampur ke makanan,,,

    • aq juga kadang makan mie gelas yang katanya lebih sehat dan memang dari segi rasanya mie gelas sekarang ga terlalu berasa tambahan msg-nya..

      ooo..aman ya tapi tetep aja aq lebih yakin aman kalau dimakan di wadah berbahan keramik atau stainles steel :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s