Bolu Gula Aren (Brown Sugar Cake)

Brown Sugar Cake

Pulang mudik dari rumah nenek pada hari rabu kemaren (31 Agustus 2011) menyisakan libur beberapa hari. Kita pulang cepet soalnya gak ikut sodara yang lain pergi ke Tasik jadi kita sekeluarga pulang ke rumah.

Kegiatan dirumah setelah lebaran pengennya makaaaaaaannn mulu! Kebeneran kue lebaran masih banyak, ditambah lagi oleh-oleh dari sodara yang tinggal di Riau sama Garut, alhamdulillah makanan tambah banyak🙂

Biarpun udah banyak makanan papaku dari kemaren2 pengen bolu. Yaudah daripada beli mending bikin sendiri, kebeneran masih ada sisa bahan kue saat bikin kue lebaran, dan setelah liat-liat resep pilihan dijatuhkan pada Cake gula aren, resep pemberian tanteku. Cake ini dibawa tanteku saat nenek masih tinggal dirumahku. Langsung aja yuk aku kasih tau resepnya…

Bahan :

125 gr tepung terigu

3 butir telur

125 gr gula aren kawung, iris-iris

125 gr minyak sayur (pakai merk apapun boleh, asal jangan yang curah)

1/4 sdt vanilli bubuk

1/4 sdt baking powder

 

Caranya :

1. Kocok telur dan gula memakai mixer dengan kecepatan tinggi selama 10 menit

2. Campurkan terigu, baking powder dan vanilli lalu masukkan kedalam kocokkan telur dan gula sedikit demi sedikit, aduk rata dan masih memakai mixer

3. Setelah 1 menit dikocok, matikan mixer lalu masukkan minyak sayur pada adonan lalu aduk hingga rata

4. Masukkan adonan kedalam loyang dan kukus dalam dandang yang sebelumnya airnya sudah didihkan. Kukus kurang lebih 1 jam, angkat dan sajikan.

Catatan : Resep diatas adalah setengah dari resep sebenarnya. Aku pakai loyang kecil, kalau pakai loyang yang standar maka bahan-bahan diatas tinggal dikalikan 2 saja. Oia ketika mengukus jangan lupa buat membungkus tutup dandang dengan lap agar air tidak menetes ke kue, kalau gak nanti kuenya kurang bagus.

Gampang,kan bikinnya?

Kalau mau lebih enak dan cantik bisa ditambahkan irisan almond, kismis atau mete diatas adonan sebelum didkukus. Atau setelah dingin bisa dihias dengan taburan icing sugar atau gula halus. Selamat mencoba🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s