Lasagna “nanana”

Bermula ketika aku masih SMA, ngumpul ama temen-temen se gank biasanya selain main sama jalan-jalan, kita ber-empat (Aku, tina, didi & san2) kadang juga suka masak atau bikin kue. Dari yang simple seperti bikin agar-agar atau jelly sampai bikin kue kering.

Bahan-bahannya kita beli patungan ditambah ‘sponsor’ bahan-bahan yang ada di dapur rumah kita,hehe!

Sekarang, ketika kita semua udah dewasa dan punya kesibukan sendiri-sendiri hal tersebut gak pernah kita lakukan lagi. Paling hanya ketemuan dan makan aja. Biarpun udah gak pernah masak sama mereka tapi sampai sekarang aku masih suka masak sendiri. Jenis makanan yang aku bikin bukan temen makan nasi tapi lebih ke cemilan. Kebetulan dikeluargaku semuanya doyan makan.

Apalagi kalau lagi banyak pikiran atau lagi mumet, masak adalah salah satu pelariannya,hehe

Kayak minggu kemaren aku lagi bosen sama kerjaan jadi pingin masak bawaannya. Ditambah letak kantor yang hanya beberapa meter dari supermarket menambah satu alasan lagi bagiku untuk masak. Diputuskanlah untuk membuat Lasagna, salah 1 jenis makanan yang berasal dari Italia.

Kenapa Lasagna? soalnya aku udah punya resep yang didapat dari bungkus mentega yang aku gunting lalu ditempel di buku resep. Selain itu karena aku suka makanan yang bumbunya tajam dan creamy. Last but not least karena kantong tidak mengijinkan untuk makan Lasagna di Pizza Hut yang ukurannya mini atau di tempat lain yang rata2 harganya tidak nyaman dikantong untuk saat ini!huehehe

Bahan-bahannya memang cukup banyak. Ada tiga bagian bahan dalam pembuatannya. Kita cekidot aja yuk bahan-bahannya :

1. Pasta untuk lasagna adalah yang berbentuk pipih dan lebar seperti kertas. Bisa beli jadi atau kalau susah nyarinya bisa bikin sendiri. Adonannya seperti kita bikin cheesestik. Kalau bikin sendiri sebaiknya menggunakan penggilingan untuk cheesestik tapi kalau gak punya, digiling pake botol juga gak jadi masalah.
Alternatif lain adalah menggunakan kulit untuk somay atau pangsit yang udah jadi. memang ukurannya lebih kecil tapi, kan bisa ditumpuk-tumpuk. Dari segi harga juga lebih murah!!! Nah inilah ‘pasta’ jadi-jadian yang aku pakai ;P

2. Saus Bachamel
Saus inilah yang membuat lasagna terasa gurih, enak dan creamy karena dibuat dari campuran susu dan terigu

3. Isian Daging
Terdiri dari daging sapi yang dicincang dan ditambah bumbu-bumbu. Kalau gak ada kita bisa beli daging utuh lalu kita cincang sendiri atau pakai kornet untuk menekan pengeluaran. Lagi-lagi inilah daging yang aku pakai. Kebeneran dirumah masih ada sisa kornet!

Bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan lasagna versiku yang abal-abal adalah :
Pasta
– Kulit pangsit sebanyak 8 lembar, rebus sebentar dgn sedikit minyak goreng agar satu sama lain gak lengket

Saus Bachamel :
– Susu dancow fullcream 2 sachet (seduh dgn 1 1/2 gelas air hangat)
– 1 siung bawang putih cincang
– 1/2 siung bawang bombay cincang ukuran sedang
-Garam & lada putih bubuk
-1 sdm tepung terigu
-1 sendok mentega atau minyak goreng

Isian :
-Kornet sapi merk So Good 2 bungkus
-1 siung bawang putih cincang
-1/2 siung bawang bombay cincang
-2 sdt oregano (bisa dibeli di supermarket)
-2 sdm saos cabe
-2 sdm saos tomat
-Garam, gula & lada putih bubuk
-2 sdm mentega atau minyak goreng

-Siapkan juga loyang ukuran 30×10 cm (loyang untuk kue bolu biasa) yang sudah diolesi mentega
-Terakhir parutan keju chedar untuk taburan yang diresep aslinya pakai mozarella

Cara membuat :
1. Tumis bawang putih dan bombay hingga harum lalu masukkan tepung terigu dan susu lalu aduk, tambahkan garam dan lada, masak hingga kental. Pastikan tidak ada terigu yang menggumpal. Masak dengan api kecil karena kalau api besar takutnya susunya pecah. Angkat lalu sisihkan

2. Tumis bawang putih dan bombay hingga harum lalu masukkan kornet, aduk rata. Tambahkan oregano, garam, gula, lada, saos cabe dan saos tomat. Aduk rata, masak hingga kornet dan bumbu menyatu. Angkat dan sisihkan.

3. Letakkan dua lembar kulit pangsit diloyang, masukkan 2 sendok isian daging, dan 2 sendok saus bachamel. Lakukan hingga kulit habis. Taburkan keju serta oregano diatasnya. Panggang hingga matang atau bisa juga dikukus.

Hasilnya adalah seperti ini

Lasagna sebelum dipanggang

Ternyata hasilnya gak mengecewakan, buktinya ibu & adikku suka. Bahkan adikku menjadikan lasagna buatanku untuk bekal maksi di kantor ;P

Selamat mencoba😉

Nb : papaku gak suka makanan yang ada kejunya kecuali di martabak manis! hehehe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s