Masak-masak yuk!

Akibat dapet uang arisan pas hari sabtu, aku bisa sedikit menyisihkan uang buat masak-masak. Bukan masak makanan yang heboh atau gimana sih, cuma bikin pan cake sama bruschetta,hehe…  Biasanya aku masak di hari minggu aja tapi kemaren, aku bikin pan cake selasa pagi dan bruschetta tadi pagi buat sarapan. Sisanya aku bawa buat lunch di kantor.

Ini pertama kalinya aku bikin pan cake. Hanya aku masih bingung membedakan antara crepes sama pan cake. Kalo menurutku sih gak beda jauh. Kalo pan cake biasanya ditumpuk terus dikasih butter/mentega terus disiram sirup maple (kalo di barat sono). Kalo crepes adonannya lebih tipis dan biasanya dikasih filling atau topping berupa saus coklat, strawberry, buah-buahan, es krim, dll.

Sehari sebelumnya, senin, aku googling nyari resep pan cake yang keliatan enak. Dan terpilihlah salah satu resep di sebuah blog.

Resepnya gini nih…

Bahan:

  • 100 gr tepung terigu
  • 250 ml susu cair
  • 1 butir telur, pisahkan putih dan kuningnya
  • sedikit garam
  • margarin untuk olesan

Topping Pancake:

  • Es Krim
  • Sirup Maple

Cara membuat pancake:

  1. Campur rata dan aduk tepung terigu, garam, kuning telur dan susu dengan ballon whisk sampai rata atau bisa menggunakan mixer dengan kecepatan yang paling rendah (kalau tidak punya ballon whisk dan mixer, bisa juga menggunakan spatula kayu)
  2. Kocok putih telur sampai kaku. Bisa menggunakan garpu maupun ballon whisk.
  3. Kemudian masukkan adonan tepung ke dalam adonan putih telur, aduk rata. Nah dalam mencampur adonan tepung dengan putih telur, bisa juga menggunakan tehnik pancing. Dengan cara mengambil sedikit putih telur dan campurkan ke dalam terigu, aduk rata. tambah sedikit demi sedikit. Kemudian baru masukkan adonan terigu ke dalam putih telur. Langkah ini untuk menghindari putih telur yang bergerindil.
  4. Panaskan teflon diameter paling kecil (yang untuk bikin telor ceplok), oles dengan margarin, kecilkan api. Bisa juga menggunakan teflon ukuran standar.
  5. Tuang adonan sekitar 2,5 sendok sayur, tutup sebentar
  6. Balik jika adonan sudah ada sedikit berpori dan sedikit mengeras pinggirnya

Yang ini resep sirup maple yang aku ambil di salah satu blog di wordpress juga.

Sirup Maple

Alat² yang dibutuhkan:
1. Panci bergagang
2. Sendok kayu

Bahan² yang harus disediakan:
1. Secangkir gula pasir
2. Secangkir gula merah
3. Secangkir air
4. Satu sendok teh ekstrak vanila
5. Satu sendok teh ekstrak maple

Cara : campur air dan gula lalu masak hingga mengental dengan api sedang. Setelah dingin masukkan ke dalam botol dan siap untuk digunakan.

Malam selasa sepulang dari kantor aku bikin sirup maplenya yang hasil akhirnya jadi sirup gula biasa aja soalnya aku gak nemu ekstrak maple seperti tertera di resep. Cuma pakai vanila pasta aja.

Esok paginya aku bikin pan cake sesuai dengan resep cuma perbedaannya aku gak pakai pan yang kecil seperti yang disuruh diresep, soalnya gak punya. Ibuku cuma punya yang gede ukuran 18 sama 25 cm. Jadi aja pan cake tapi rupanya crepes,hahaha… Namun rasanya tetep enak karena aku pakai topping pisang dan mangga potong lalu disiram sirup.

Masakan yang kedua yaitu Bruschetta makanan khas Italia yang namanya gak setenar Pizza atau spaghetti. Tadinya gak niat bikin cuma berhubung ada sisa roti prancis (baguette) di rumah jadi keingetan bikin bruschetta. Resepnya hasil googling cuma aku modifikasi sedikit.

Bruschetta

Bahan :

-Roti perancis/baguette (potong serong, jangan terlalu tebal)

-Kornet sapi 4 sdm

-Tomat merah besar (buang bijinya lalu potong kotak-kotak kecil)

-Seperempat siung bawang bombay cincang (tergantung ukuran ya. Kalo bawangnya kecil pake 1/2 nya. Kalo gede, pake 1/4 nya)

-1/4 batang keju cheddar, potong kotak-kotak kecil (enaknya sih pake mozarrela, berhubung mahal jadi aku ganti. bisa juga pake kraft quick melt)

-3 sdm mayonaise

-1/2 sdt oregano (bisa dibeli disupermarket)

-1 sdm saos tomat (kalo suka)

-1 sdm saos cabe

-1 sdt merica

– 1 sdm mentega

-1 siung bawang putih, geprek lalu cincang

Caranya :

1. Panaskan mentega diwajan lalu tumis bawang putih hingga harum. Masukkan kornet, merica & oregano. Aduk dan masak hingga matang. Sisihkan

2. Siapkan sebuah mangkok atau baskom plastik kecil, masukkan tomat, bawang bombay, keju. mayonaise, saos tomat, saos cabe dan kornet. Aduk hingga rata.

3. Letakkan campuran tadi diatas roti sebanyak 1 sdm

4. Panggang hingga roti kecoklatan.

Oiya, di resep bruschetta ini aku gak pake garam sama sekali soalnya baguettenya udah asin dan adonan juga udah asin dari keju. well…selamat mencoba😉

One thought on “Masak-masak yuk!

Leave a Reply

