Bikin Skutel Pake Pyrex Jadul

Hai all! hehehe… Sebenernya ini lagi jam kerja tapi aku curi-curi waktu buat posting,hehehe…mumpung bos belum datang!

Posting ini lanjutan dari posting yang kemarin, soal pyrex jadul ibuku. Nah, tadi malem sepulang kerja aku langsung bikin skutelnya pake pyrex jadul. Resepnya sih gampang aja,kok… yuk cekidot!

Skutel Sayur dan Daging

Bahan :

– 1 buah wortel besar, potong dadu kecil-kecil

– 50 g kornet sapi

– 3 buah roti tawar

– 1/2 siung bawang bombay ukuran sedang, iris agak tipis

– 3 sdm bumbu spagheti del monte

– 1 sdm mayonaise

–  1 buah tomat, buang bijinya lalu potong dadu kecil-kecil

– 2 butir telur, kocok lepas

– 3 sdm susu bubuk, seduh dengan setengah gelas air putih

– keju parut quick melt (cheddar biasa juga bisa)

– 1 sdm mentega untuk menumis

– 2 siung bawang putih, cincang

– merica & garam secukupnya

– 1 sdm saos sambal botolan

Cara bikin :

1. Tumis bawang putih & bombay hingga harum. Masukkan wortel, kornet, aduk rata. Setelah beberapa saat masukkan tomat, bumbu spageti, mayonaise saos sambal, beri merica & garam sedikit saja karena dari keju juga udah asin! Masak hingga matang dan mengental, angkat lalu sisihkan

2. Campurkan susu dengan telur yang sudah dikocok

3. Iris pinggiran roti tawar lalu celupkan kedalam larutan telur dan susu.

4. Masukkan roti kedalam pyrex lalu masukkan sebagian tumisan, masukkan sisa roti dan sisa tumisan, ratakan. Taburkan keju parut diatasnya lalu panggang sekitar 30 menit.

Jadinya kayak gini, nih…

skutel2 skutel 1 skutel3

Soal rasa hmm… skutel ini agak keasinan! kata orang sih kalo masakan keasinan berarti yang bikin pengen kawin! hehehe…emang! hahahaha..gak ada hubungannya sih sebenernya, aku memang terlalu banyak kasih garam jadinya asin! Tapi biarpun asin, orang rumah pada makanin kok pas tadi sarapan, entah suka atau kepaksa karena gak ada makanan! 😀

Selamat mencoba dirumah tapi ingat jangan keasinan yaaaaaa

Vintage Pyrex

Hari libur adalah saatnya menghabiskan waktu dengan keluarga, teman atau pacar. Kemaren aku habiskan waktu dirumah aja. Bangun tidur langsung cuci muka terus sarapan udah gitu kalo dirumah aku gak pernah ketinggalan nonton acara Ala Chef yang dibawain sama Farah Queen di Trans TV. Salah satu menu yang mba Farah buat yaitu Skutel Sayuran dengan menggunakan pinggan tahan panas. Selesai acara aku bilang sama ibuku kalau aku mau mempraktekan resep itu. Kebetulan aja beberapa bahannya udah ada. Aku bilang kalo mau bikin enaknya pake pinggan anti panas, Ibuku bilang sih pake pyrex (salah satu merk pinggan tahan panas terkenal). Aku urungkan niat bikin skutel dan nunggu nanti abis gajian buat beli pyrex.

Ngedenger ceritaku, ibuku teringat sama salah satu kado waktu nikah. Ibuku ngerasa pernah dapet kado mangkok merknya pyrex, memang sih warnanya gak bening seperti pyrex zaman sekarang karena ibuku nikah itu sekitar tahun 1983! hehe… Langsung deh aku ngebuka lemari tempat piring. Dan ketemu juga deh mangkok pyrex itu.

Besoknya aku googling di kantor tentang pyrex yang ibuku punya, taunya mirip sama yang ada di http://www.artfire.com/ext/shop/product_view/dandeliongirl/2778073/pyrex_spring_blossom_1_5_liter_casserole_bowl_tab_handles_green_white/vintage/retro_kitsch/housewares

pyrex_spring_blossom_1_5_liter_casserole_bowl_tab_handles_green_white_d5428926

Ahhh…tinggal praktek nih! 🙂